Mengenal Sosok Susy Arzetty, Diva Tarling Dangdut

OkeDangdut – Dimulai sejak bangku sekolah dasar, perempuan asal Indramayu yang lahir tanggal 21 Juni 1985 ini Sudah tertarik dengan dunia tarik suara. Rasa sukanya menyanyi diawali dengan latihan-latihan pada saat akan mengikuti acara pentas atau Kasidahan saat di madrasah. Susy Nureti, yang saat ini dikenal dengan nama Susy Arzetty, selalu mencoba untuk ikut terlibat dalam setiap aktifitas terutama tarik suara dan pementasan.

Karir bernyanyinya berawal dengan mengikuti beberapa orkes melayu dari pangung ke panggung. Untuk mengembangakan bakatnya, Susy Arzetty masuk ke dalam sebuah grup seni tarling dangdut ternama di Indramayu Nada Ayu pimpinan Nunung Alvi, yang tidak hanya mengolah bakat menyanyi namun juga bakat tari, selama empat tahun dari tahun 2007 sampai dengan 2011. Pada tahun 2009, berkat kesungguhannya dalam olah vokal, Susy Arzetty mendapatkan berkah untuk masuk dapur rekaman. Sejak saat itulah dia masuk dunia tarik suara secara profesional.

Berkat arahan dari sang manager, Suka Wijaya, sampai saat ini susy Arzetty telah memiliki sembilan album tarling dangdut. “Paket Komplit lah haha…, ya suami, manager, pencipta lagu, produser juga, segala sesuatu tentang susy Arzety, dia yang paham,” ungkap Susy.

Susy Arzetty

Aliran tarling dangdut ini sangat dikenal di wilayah pantura terutama Indramayu dan Cirebon. Saat OkeDangdut bertamu ke kediamannya di daerah Wanantara, Indramayu, ditanyakan mengenai genre/jenis dangdut apa yang digeluti oleh Susy Arzetty, dia menyebutkan “tarling dangdut, kalau tarling sendiri hanya gitar, suling, gendang, tapi tarling dangdut yang merupakan hasil kolaborasi dengan warna-warna musik modern yang sekarang, tidak utuh musik tarling nya.”

Kenapa menyukai jenis musik tarling atau musik dangdutnya sendiri, penyanyi lagu Rambut Teles ini menjawab bahwa tentu sebagai pribumi ia juga menyukai tarling, sedang dangdut (original melayu) yang berbahasa nasional, ia merasa kurang begitu mampu, karena menurutnya dua jenis ini memiliki teknik-teknik atau olah vokal sendiri sehingga ia memilih tarling dangdut yang memakai bahasa daerah pada setiap lagu-lagunya. Pilihan ini sendiri pernah disodorkan oleh Suka Wijaya, apakah akan memilih jalur dangdut (original/melayu) ataukah tarling (dangdut) yang akan di ”matangkan” sebagai pilhan agar lebih fokus dalam karir musiknya.

Tahun 2013 silam, Dewan kesenian kota Indramayu memberikan anugerah bagi setiap para insan seni asal Indramayu yang aktif dan terlibat dalam kepeduliannya menggali, mengangkat, melestarikan serta mengembangkan seni dan budaya Indonesia khususnya budaya daerah, Susy Arzetty terpilih dalam tiga kategori sekaligus yaitu Artis Tarling Terfavorit, Lagu Tarling Terpopuler serta Diva Tarling Dermayon.

Sampai saat ini, panggung demi panggung serta pentas di beberapa kota masih dilakoninya bersama grup Nirwana Mandala yang berdiri sejak tahun2006 di bawah asuhan Suka Wijaya yang sangat peduli akan nilai seni dan budaya khusunya tarling di daerahnya. (OkeDangdut.com / Foto : TWeq)

Nama OM : Tarling Dangdut Nirwana Mandala & Susy Arzetty
Pimpinan : Suka Wijaya
Label : Nirwana Mandala Record
Lokasi : Wanantara, Sindang – Indramayu
No Kontak : 081395968363 / 081802391533

(Visited 2499 times, 4 visits today)

About The Author

You might be interested in

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *