Dulunya Lady Rocker, Kiki Bintang Pantura Kini Tengah Mempersiapkan Single Dangdut Pertamanya

OkeDangdut – Turun panggung di babak sembilan besar ajang pencarian bakat Bintang Pantura 4 di tahun 2017 lalu, tidak membuat Riski Purnama Dewi atau lebih populer dengan nama Kiki Bintang Pantura ini menjadi patah arang. Penyanyi dangdut yang pernah dimentori oleh Bunda Iyeth ini banyak mendapatkan tawaran untuk tampil manggung karena namanya sudah mulai dikenal masyarakat. Rencananya pertengahan tahun 2018 ini akan mengeluarkan single pertamanya. Penyanyi kelahiran Wonosobo tahun 1994 ini bersama-sama dengan tim tengah mempersiapkan lagu perdana tersebut.

Ketika diwawancarai OkeDangdut, Kiki mengatakan bahwa judul lagu tersebut masih rahasia. “Lagunya tentang kekesalan seorang wanita yang kekasihnya itu jarang datang. Insya Allah tahun ini sekitar bulan ke tujuh, dirilis. sekarang udah proses pembuatan, lirik dan aransemen sudah, tinggal take vocal aja. Konsepnya nanti pengen bikin dance dut gitu deh,” jelasnya. Kiki juga menambahkan bahwa kendala untuk proses ini tidak ada, tinggal mengikuti skedul yang sudah ditetapkan oleh tim-nya.

Kiki Bintang Pantura ketika beraksi di salah satu panggungnya di Pantai Anyer (instagram.com/bp4_kiki29)

Bercerita tentang pengalamannya di belantika musik dangdut, Kiki mengatakan bahwa awalnya dia menyanyi di genre musik rock, jadi lady rocker, dan sering ikut festival. Bisa dikatakan ia penyanyi multi talent dalam dua genre musik yang berbeda. Bahkan setelah audisi pilih-pilih di ajang Bintang Pantura, esok harinya ia harus mengikuti festival rock se-Indonesia di Boyolali dan mendapatkan juara. Dilansir dari akun instagramnya, Kiki memiliki titel juara dan penghargaan dalam berbagai ajang termasuk festival dangdut sebelum Bintang Pantura 4. Namun ia kemudian benar-benar jatuh hati pada musik dangdut, meski kadang ia juga rindu bernyanyi dengan jenis musik rock.

Ewien, best drummer 2004 & 2007 se indonesia pada ajang festival musik rock dan teman satu bandnya, mengajari Kiki soal dangdut. Meskipun bukan penanyi, Ewien mempunyai latar belakang keluarga yang juga penyanyi dangdut. Ia adalah kakak dari Rani DA3. Selain jatuh hati pada musik dangdut, Kiki juga jatuh hati pada sang drummer yang kemudian menjadi suami sekaligus managernya.

Ditanya tentang saat belajar dangdut dan apa saja kesulitannya, Kiki menjawab, “Ternyata dangdut itu nggak semudah yang didengar. Cengkok, tekhnik mendayu trus banyak banget, disatuin dalam satu bait. Kita harus bisa bedakan mana yang pake fibra, mana yang pake cengkok, dan mana yang di alun. Itu sulit. Saya penasaran makanya saya terjun dan coba dalamin bernyanyi dangdut.”

“Musik dangdut itu bisa bikin kita hanyut di tiap lagu lagunya. Setelah dikenal banyak orang, alhamdulillah semua berubah. Kalau dulu kan akunya cuek ya, kemana-mana ga suka dandan, apa adanya. Sekarang harus rapi terus, karena kemana aja pasti ketemu orang yang minta foto. Malu kan kalo pas lagi dekil dimintain foto. Bersyukur sekali yang pasti,” jawab Kiki sambil tertawa ketika ditanya tentang perasaannya terhadap musik dangdut.

berfoto bersama fans “Kikita” disela acara (instagram.com/bp4_kiki29)

Kiki sendiri masih tidak percaya dengan segala perubahan yang ia alami. “Kadang kalo udah pulang manggung, selalu bilang (diri sendiri) gini ya jadi artis. Masih ga percaya,” tambahnya dengan tertawa.

Pendapatnya tentang kondisi saat ini,  dimana banyak artis lokal, baru, belum populer tapi suaranya bagus, penampilan juga bagus, Kiki menjawab, “Iya, menurut saya sih, populer itu tergantung bagaimana kitanya mencari kesempatan dan mempromosikan diri. Kaya sekarang ya, banyak yg malu-malu, maunya numpang dipromoin. Padahal kan nantinya akan membawa dampak ke kita juga. Malah nunggu dipanggil dan ditawarin.”

Menurut Kiki sekarang ini banyak artis bagus-bagus, namun juga harus memikirkan bagaimana sang artis tidak membuat ribet dan gampang diajak kerjasama. Kiki juga setuju dengan kampanye dari Okedangdut tentang “Support Your Local Artits & Support Your Fanbase”. Internet adalah sarana paling cepat untuk melakukan promo, jelasnya. Di salah satu postingan akun instagramnya, Kiki juga turut membantu promo salah satu penyanyi yang mewakili satu daerahnya Kota Kutai Kartanegara di ajang Liga Dangdut Indonesia yang ditayangkan oleh Indosiar.

Kiki menambahkan pula bahwa menurutnya artis harus memperhatikan juga para fansnya. Fanbase Kiki yang saat ini dijuluki Kikita sudah tersebar ke penjuru tanah air. Selain melakukan On Air, Kiki Bintang Pantura masih terus melakukan penampilan off air dan berbagai acara. Panggung di kota-kota besar di Kalimantan dan Sulawesi sudah biasa ia singgahi.

(Visited 715 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *