Dangdut in America : Kompetisi American Talent Menyanyikan Lagu Dangdut

OkeDangdut – Apa sih Dangdut in America ? Dangdut di Amerika bisa disebut sebagai suatu program pertukaran kebudayaan yang inovatif dalam bentuk perlombaan bernyanyi. Kompetisi bagi American talent ini khusus membawakan lagu-lagu dangdut untuk warga Amerika. Audisi pertama kali diadakan tahun 2007 di promotori oleh  Rissa Asnan, pendiri sekaligus ketua NSR Productions dan penyelenggara Dangdut in America.

Saat di wawancara Stroribriti.com

Lucunya, pembukaan audisi hari pertama, tidak ada satupun warga Amerika yang hadir untuk mencobanya. Menurut Rissa, hal ini dikarenakan ketidaktahuan warga Amerika tentang Indonesia termasuk musik dangdut.

Hingga terbitlah sebuah situs dangdutinamerica.com yang memberikan sedikit gambaran tentang populasi penduduk Indonesia yang besar dan apa itu musik dangdut. Situs ini pula menjadi media penyelenggara untuk menyebarluaskan kompetisi ini agar warga Amerika lebih mudah mendapatkan informasi dan memudahkan pendaftaran peserta.

Dilansir dari web tersebut, penyelenggara memberikan kesempatan bagi para artis terutama penyanyi untuk mengekspresikan bakatnya dengan membawakan lagu dangdut tanpa harus meninggalkan negara mereka. Hingga nanti ada permintaan untuk tampil di Indonesia, para artis yang telah berhasil ini akan berangkat ke Indonesia untuk melakukan roadshow dan juga berkesempatan tampil di TV nasional.

Sampai saat ini ada beberapa artis yang telah menandatangani kontrak yang akan tampil di Amerika maupun di Indonesia. Jauh Sebelumnya, tahun 2008, NSR Production mengeluarkan album pertama dengan nama yang sama: Dangdut in America, dengan penyanyi Arreal Tilghman yang telah menjuarai kempetisi pada tahun tersebut. Album pertama ini menghadirkan lagu antara lain Duhai Kekasih, I love you & You’re The Only One dengan lirik bahasa Inggris.

Tak tanggung-tanggung, selama dua minggu Arreal di latih oleh juri KDI saat itu, Trie “Mrs. Pitsch Control” Utami selama dua minggu menjelang rekaman di Indonesia. Arreal sendiri berhasil masuk rekor MURI sebagai warga Amerika pertama yang menjadi Penyanyi Dangdut.

Semua ini tak lepas dari peran sang promotor, Rissa Asnan yang telah lama berusaha untuk menghadirkan dangdut di Paman Sam. Selain tenaga dan kecintaannya terhadap dangdut, ada hal lain yang perlu kita perhatikan juga bersama yaitu usaha dari sang promotor untuk menyelenggarakan program tanpa pembiayaan dari sponsor. Memang ada yang memberikan bantuan namun pengadaan dana bisa dikatakan hampir seluruhnya berasal dari dirinya. Bagaimanapun ia tetap memerlukan bantuan. Selengkapnya, berikut wawancara yang dengan Rissa Asnan. Salut !!!

(Visited 364 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *